Tips Hidup Sehata Terbaru Untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

Diare Berdasarkan Penyebab Awalnya

Diare Berdasarkan Penyebab Awalnya - Diare merupakan penyakit yang sering  sekali mendera kita. Hampir semua anggota keluarga pernah menderita penyakit diare. Tapi tahukah anda bahwa diare bisa menyebabkan kematian? 
Diare Berdasarkan Penyebab Awalnya
Diare

Diare, Benarkah Bisa Berakibat Kematian?

Ya, menurut penelitian diare saat ini masih merupakan penyebab kematian kedua setelah infeksi pernafasan pada usia 1-4 tahun. Oleh karena hal inilah anda sebagai orang tua, harus cepat tanggap memberikan pertolongan pertama untuk menangani penyakit diare ini. Stop diare segera! 

Diare

Diare adalah peningkatan frekuensi buang air besar dimana kotoran yang dikeluarkan lebih cair dari biasanya. Infeksi saluran pencernaan sering menyebabkan diare. Diare karena infeksi dapat disebabkan oleh berbagai macam kuman seperti virus, bakteri, atau parasit. Infeksi virus lainnya yang dapat menyebabkan diare adalah virus-virus golongan enterovirus. Dalam kotoran anak dapat ditemui darah, yang berarti ada kerusakan pada lapisan saluran pencernaan akibat aktivitas kuman. 

Selain itu, dapat pula dijumpai lendir di kotorannya. Diare tanpa adanya darah biasanya disebabkan oleh virus, parasit atau toksin yang dihasilkan oleh bakteri. Infeksi saluran pencernaan yang disebabkan suatu virus yang disebut rotavirus akan menyebabkan diare yang encer.

Sebagian besar kuman yang menyebabkan diare juga dapat menyebabkan gejala-gejala lain seperti demam, hilangnya nafsu makan, nyeri perut, kram perut, mual, muntah, hilangnya berat badan, dan terutama dehidrasi.

Diare Berdasarkan Penyebab Umumnya

  • Alergi terhadap makanan atau obat-obatan tertentu
  • Karena infeksi parasit, bakteri atau virus. Bakteri atau virus yang menyertai penyakit lain juga bisa menyebabkan diare.
  • Pemanis buatan yang terdapat dalam makanan.
Penyebab utama kematian yang disebabkan oleh penyakit diare adalah kehilangan cairan dan elektrolit dalam jumlah besar. Ini mengakibatkan keseimbangan cairan terganggu, syok hipovolemik hingga kematian.

Related : Diare Berdasarkan Penyebab Awalnya

0 Komentar untuk "Diare Berdasarkan Penyebab Awalnya"