Tips Hidup Sehata Terbaru Untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

Tips Berenang Bagi Ibu Hamil

Tips Berenang Bagi Ibu Hamil - Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang menjadi favorit banyak orang. Renang memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan jika dilakukan secara rutin. Melancarkan sirkulasi darah dan memperpanjang nafas adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga air ini.

Tips Berenang Bagi Ibu Hamil
Tips Berenang Bagi Ibu Hamil

Tips Berenang Bagi Ibu Hamil

Renang merupakan olahraga untuk semua. Siapa pun tanpa mengenal usia dapat melakukan olahraga yang satu ini. Termasuk itu wanita yang sedang mengandung.

Wanita yang sedang hamil dapat melakukan olahraga renang karena renang dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi mereka, utamanya saat menjelang persalinan nanti. Renang diketahui dapat memperkuat otot panggul dan otot Rahim yang mana sangat berperan dalam proses persalinan.

Tips Berenang Bagi Ibu Hamil, Berikut Caranya

Selain itu, renang juga dapat memperkuat daya tahan ibu hamil agar tidak mudah terserang penyakit dan melancarkan peredaran darah.
Renang memang bermanfaat bagi ibu hamil, hanya saja dalam melakukannya ada hal-hal yang harus diketahui oleh ibu hamil agar hal ini tidak malah menjadi bumerang. Nah, artikel ini akan memberikan sedikit Tips berenang bagi ibu hamil  agar tetap dapat mendapatkan manfaat sehatnya. Simak tipsnya berikut ini, antara lain :

Tips Berenang Bagi Ibu Hamil  Pertama Jangan Lupa Pemanasan

Tips berenang bagi ibu hamil yang pertama adalah Jangan langsung masuk ke kolam begitu saja tanpa melakukan pemanasan. Pemanasan sangat penting karena dengan melakukannya akan menghindarkan kita dari kemungkinan terkena kram saat sedang berenang. 

Coba bayangkan, jika ibu hamil sedang berada di tengah-tengah kolam dan mengalami kram? Bakal berabe, kan? Nah, oleh karena itu jangan pernah lupa untuk melakukan hal yang satu ini sebelum memulai renang.

Perbanyak Minum Air

Tips Berenang Bagi Ibu Hamil kedua, saat berenang, sangat mungkin Anda akan mengalami kelelahan dan merasa haus. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, untuk mengakalinya minumlah segelas air sebelum memulai renang dan setiap 15 menit sekali usahakan untuk meminum segelas air lagi. Hal ini sangat efektif untuk mencegah agar ibu hamil tidak mengalami dehidrasi selama berenang.

Sesuaikan Gaya Berenang Dengan Kondisi Ibu Hamil

Tips Berenang Bagi Ibu Hamil ketiga Coba bayangkan jika seorang ibu yang sedang hamil tapi memaksakan diri untuk berenang gaya bebas? Kira-kira apakah hal itu cocok dan tidak beresiko? Tentu saja hal itu beresiko karena renang gaya bebas membutuhkan tenaga ekstra jika dibandingkan gaya lainnya. Sedangkan ibu hamil dianjurkan untuk tidak terlalu memforsir tenaga saat berenang. Oleh karena itu, cobalah gaya lain yang tidak banyak menguras tenaga. 

Gaya dada misalnya, gaya dada cocok bagi ibu hamil karena meskipun kondisi perut telah membesar, gaya ini akan tetap menjadikan tubuh kita cukup ringan sehingga tidak perlu terlalu banyak tenaga untuk bergerak.

Nah, itulah sedikit tips berenang bagi ibu yang sedang mengandung. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam.

Related : Tips Berenang Bagi Ibu Hamil

0 Komentar untuk "Tips Berenang Bagi Ibu Hamil "