Tips Hidup Sehata Terbaru Untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

Mengatasi Sembelit, Ini Tips Alami Paling Ampuh

Mengatasi Sembelit, Ini Tips Alami Paling Ampuh  - Pernah dengar istilah sembelit? Atau pernah mengalami yang namanya susah buang air besar? Ya, keduanya merupakan hal yang sama meski penamaannya berbeda. Sembelit atau susah buang air besar menandakan ada yang tidak beres dengan sistem pencernaan Anda.

Mengatasi Sembelit, Ini Tips Alami Paling Ampuh
Mengatasi Sembelit

Mengatasi Sembelit

Idealnya, buang air besar harus dilakukan setiap hari. Jika tidak dilakukan setiap hari, dikhawatirkan akan melukai anus atau menimbulkan pendarahan saat buang air besar. Jika terjadi luka atau pendarahan, kemungkinan besar aktivitas kita akan terganggu mengingat rasa sakit yang dapat dialami. 

Mengatasi Sembelit Cepat Dan Aman, Ini Caranya

Untuk menghindari penyakit sembelit, ada beberapa cara yang dapat ditempuh, artikel ini akan menguraikan  Mengatasi Sembelit, Ini Tips Alami . Antara lain :

Mengatasi Sembelit Dengan Buah Dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran sangat baik bagi tubuh kita. Buah-buahan dan sayuran mengandung banyak serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh. Kekurangan serat merupakan penyebab utama seseorang terkena sembelit atau susah buang air besar. Konsumsilah buah dan sayuran dalam menu harian Anda agar senantiasa terhindar dari penyakit sembelit ini.

Mengatasi Sembelit Dengan Rajinlah Gerakkan Tubuh Anda

Kebanyakan orang sehabis makan akan tinggal duduk bersantai. Hal ini sebenarnya kurang ideal karena sebenarnya tubuh yang aktif beraktifitas menjadikan gerakan dalam usus semakin sehat. Gerakkanlah tubuh selama sekitar 10-15 menit. Tidak perlu lama-lama juga, cukup 10 menit saja. Jika gerakan dalam usus semakin baik dan terjaga, sistem pencernaan akan dapat bekerja semestinya dan buang air besar setiap hari pun dapat diwujudkan.

Mengatasi Sembelit Dengan Perbanyak Minum Air

Air memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Air membantu proses pencernaan manusia, menghindarkan tubuh dari kekurangan cairan serta mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Penyebab sembelit atau susah buang air besar biasanya dikarenakan kurangnya konsumsi air putih. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 7 hingga 9 gelas sehari agar kebutuhan tubuh akan cairan dapat terpenuhi.

Mengatasi Sembelit  Dengan Konsumsi Kopi

Agar sistem pencernaan berjalan lebih cepat ada cara yang dapat dicoba, yakni menambah konsumsi kafein. Kafein dapat ditemukan dalam kopi. Mengapa kafein? Otot-otot pencernaan dapat dirangsang agar bekerja lebih cepat dengan mengkonsumsi kafein. Namun, jangan dilakukan terlalu sering karena dapat menyebabkan masalah lain bagi kesehatan. Lakukanlah hal ini jika mengalami masalah susah buang air besar saja.

Itulah beberapa cara mengatasi sembelit yang dapat Anda coba praktekkan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Related : Mengatasi Sembelit, Ini Tips Alami Paling Ampuh

0 Komentar untuk "Mengatasi Sembelit, Ini Tips Alami Paling Ampuh"